Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

0
2102

Sektor kesehatan masih menjadi salah satu sektor favorit melanjutkan kuliah bagi sebagian anak muda di negara ini. Ini tidak lain karena prospek kerjanya yang sudah pasti dan terarah. Hampir tidak ada lulusan kesehatan yang menganggur. Salah satu program studi di sektor kesehatan adalah Kebidanan. Di program studi ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana menjadi seorang tenaga kesehatan Bidan, yang melayani masyarakat untuk persalinan, dan lain sebagainya, oleh karenanya yang masuk Kebidanan hanyalah para wanita saja.

Dipelosok-pelosok, tentu saja Bidan bukan saja menjadi orang yang membantu persalinan, tetapi juga mengobati penyakit-penyakit lainnya, layaknya seorang dokter. Apalagi masih banyak sekali daerah-daerah di pelosok Indonesia yang membutuhkan tenaga ahli di bidang kesehatan seperti Bidan.

Sehingga, tentu saja selain mempunyai prospek yang baik, Bidan juga merupakan pekerjaan yang mulia,ikut membantu dan menolong masyarakat.

Selama masa perkuliahan, antara Teori dan praktek akan cukup berimbang, bahkan bisa dibilang lebih banyak materi prakteknya. Beberapa mata kuliah yang akan dihadapi mahasiswa Kebidanan adalah : Konsep Kebidanan, Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana,  Administrasi dan Pengolahan Pelayanan KB, Asuhan Kebidanan Pada Ibu, Asuhan Kebidahan Pada Anak, Komunikasi Kebidanan, Pendidikan Kebidanan, Praktek Kebidanan, Asuhan Kebidanan Pada Wanita Dengan Gangguan Sistem Reproduksi, Metode Penelitian Kebidanan, Gizi Ibu dan Anak, Kebidanan Komunitas, Dokumentasi Kebidanan, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Kebidanan :

  1. Insatansi Kesehatan Pemerintah / PNS

Ya, setelah lulus, banyak dari lulusan Kebidanan yang bekerja di Instansi Kesehatan Pemerintah, dan menjadi PNS. Contohnya seperti di Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, Puskesmas, dan lain sebagainya.

  1. Klinik / Balai Pengobatan

Saat ini semakin banyak Klinik dan Balai Pengobatan swasta yang modern, tentunya untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, bekerja di sektor swasta juga tidak kalah menariknya dengan menjadi PNS.

  1. Rumah Sakit

Lulusan Kebidanan juga bisa melamar ke Rumah Sakit, baik itu RSUD maupun Rumah Sakit Swasta. Biasanya akan ditempatkan dibagian persalinan, bersama dokter persalinan.

  1. Membuka Klinik Sendiri

Jika kamu telah mendapatkan sertifikasi profesi Bidan dan tidak ingin bekerja pada orang lain, bisa saja kamu mendirikan klinik dan mengajukan ijin praktek sendiri

Editor : RAA