Pendidikan di Jurusan Kebidanan Itu Tak Ringan, Butuh Kerja Keras dan Keuletan

0
359

Jangan salah. Kuliah di Jurusan Kebidanan itu tidaklah mudah. Sama seperti cabang Jurusan Kesehatan lain, pendidikan Kebidanan menuntut komitmen dan upaya besar untuk menuntaskannya. Di semester awal, anak-anak Kebidanan harus berpayah-payah menghapal anatomi tubuh manusia. Belum lagi harus berusaha memahami sistem kerja sel dan syaraf dalam Mata kuliah Fisiologi.

Belum cukup sampai di situ, mahasiswi Kebidanan juga wajib mengerjakan Asuhan Kebidanan (Askeb) yang merangkum dokumentasi tindakan apa saja yang mereka lakukan pada pasien. Askeb ini tidak boleh diketik, harus ditulis tangan. Kalikan saja jumlah Askeb yang harus dibuat sesuai banyaknya jumlah mata kuliah yang diambil pada semester tersebut.

Jadwal kuliah mahasiswi Kebidanan pun terkenal padat. Terkadang, Sabtu dan Minggu yang seharusnya jadi waktu libur terpaksa beralih fungsi jadi hari kuliah dan praktikum. Hanya orang-orang yang punya kemauan dan semangat juang tinggi yang mampu bertahan di jurusan yang tugas-tugasnya macam kerja rodi seperti ini.

Editor : RAA