Keren, Tupah, Mahasiswa Akbid YPSDMI Juara I Duta Genre Putri Kabupaten Garut

0
490

SATU lagi prestasi membanggakan ditorehkan mahasiswi Akbid YPSDMI Garut. Tupah, mahasiswi semester 4 menjadi Juara I Duta Genre Putri Kabupaten Garut yang digelar DPPKBPPPA (Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut.

Atas keberhasilan itu, Tupah akan mewakili Kabupaten Garut ke tingkat Jawa Barat dalam event yang sama.

Direktur Akbid YPSDMI Hj. Novi menyatakan sangat bangga atas keberhasilan mahasiswinya tersebut. Ia pun mengucapkan selamat kepada Tupah.

“Kami tentu berharap Tupah bisa melaju ke tingkat nasional dalam event tersebut. Semoga pula prestasi Tupah menjadi motivasi bagi mahasiswa Akbid YPSDMI lainnya,” ujarnya Selasa (3//4/2018).

Duta Genre Putri Kabupaten Garut digelar di Balai Diklat BKKBN Garut pada Maret 2018 lalu yang dibuka oleh Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Garut, Toni Somantri.

Ada beberapa tahapan yag harus dilalui para peserta dalam kegiatan itu. Di antaranya, hari pertama, karantina, dibuka oleh Kepala DPPKBPPPA Garut. Kemudian tes tulis dan kemampuan dasar .

Hari kedua, peserta/finalis yamg dikarantina melakukan FGD (fokus grup discussion). Dalam kegiatan itu finalis harus mengeluarkan argumentasi dan solusi yang inovatif untuk permasalahan yang dibahas.

Selesai FGD dilanjut ke sesi interview tentang kependudukan, narkoba, Wawasan genre, kepolisian, dan bahasa asing. Kemudian HHC (Head to head Challange) yaitu tanya jawab antara duta sebelumnya dan finalis.

Setelah kegiatan selesai, dipilih 15 finalis jalur masyarakat dan 15 finalis jalur pendidikan.

Hari terakhir, penentuan juara terbaik, kegiatannya yaitu Unjuk Kabisa (sesuai dengan bakat) selanjutnya presentasi yang merupakan bobot penilaian paling besar.

Dari kegiatan itu tim penilai menentukan, Duta Terbaik 1 jalur pendidikan (Putri), Duta Terbaik 1 jalur pendidikan (putra), Duta Terbaik 1 jalur masyarakat (Putri ), Duta Terbaik 1 jalur masyarakat (putra). Dan juara terbaik 2 (putra putri) dan terbaik 3 (putra putri) pendidikan dan masyarakat.