Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Jadi Bidan

0
1342

Mungkin teman-teman sudah tau ya apa itu profesi bidan atau malah kamu bidan?? .
Bahkan sebagian besar dari kamu mungkin lahir kedunia dengan sehat wal afiat berkat pertolongan seorang bidan. Dari obrolan dengan teman-teman Saya yang Kuliah jurusan kebidanan, Saya jadi tahu ternyata banyak suka-dukanya sewaktu kuliah di kebidanan. Banyak juga yang jadi patah arah dan hilang semangat. Sampai-sampai muncul keinginan berhenti kuliah dan coba cari profesi lain. But wait, buat kamu-kamu yang sekarang sedang kuliah kebidanan dan merasa seperti itu, mungkin setelah membaca beberapa alasan ini kamu akan berubah pikiran.

  1. Menjadi seorang bidan buat aura keibuan kamu lebih keluar

Dengan profesimu ini, kamu bakal sering berinteraksi dengan para ibu, dan itu akan membuat kamu lebih peka terhadap kebutuhan seorang ibu. Berada di lingkungan seperti itu secara tidak langsung membuat naluri keibuan menjadi semakin keluar. Diam-diam, secara sadar atau tidak, kamu akan mempersiapkan dirimu sendiri untuk menghadapai kondisi semacam itu suatu hari nanti. Teori-teori yang kamu dapatkan selama kuliah kebidanan juga semakin memberimu pemahaman bagaimana menjadi seorang ibu yang baik untuk anak-anaknya kelak.

  1. Kamu menjadi sosok yang lebih dewasa dan bertanggung jawab

Bidan mempunyai banyak tugas penting yang harus dikerjakan, seperti memberi nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan, ataupun memberikan asuhan kepada bayi yang baru lahir. Dengan tugas-tugas seperti itu, yang tentu memerlukan ketelatenan ekstra, akan membuat kamu menjadi sosok yang dewasa. Keselamatan dan kesehatan ibu maupun bayinya yang menjadi tanggung jawabmu memaksa sifat manja kamu lambat laun menghilang. Sedikit demi sedikit, kamu akan berubah dari seorang gadis kecil yang manja menjadi seorang perempuan dewasa yang bertanggung jawab.

  1. Menjadi seorang bidan membuat kamu semakin menghargai pengorbanan seorang ibu

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru yang terbaik. Interaksi yang intensif dengan para ibu dan calon ibu membuat kamu sadar bahwa menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar yang dilakukan seorang ibu supaya anaknya dapat lahir dan tumbuh dengan baik. Sebuah kasih sayang yang ikhlas. Naluri keibuan seperti itu akan sering kamu lihat, dan akan selalu sukses menyentuh perasaanmu. (Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia).

  1. Rutinitas sebagai bidan akan membuat kamu menjadi lebih disiplin dan teratur

Karena kamu bertugas layaknya seorang pengawas, kamu akan menjadi sosok yang teliti terhadap hal sekecil apapun. Mengingatkan seseorang untuk selalu menjaga pola aktivitasnya ataupun pola makanannya demi kesehatan kandungannya, juga berarti membiasakan diri kamu sendiri untuk hidup disiplin dan teratur. Keteraturan yang selalu kamu ingatkan (repetisi) kepada orang lain akan terekam di alam bawah sadarmu sendiri, sehingga kamu pun akan bertindak yang sama dengan seperti yang selal kamu sugestikan ke orang lain.

  1. Profesi ini mendidik kamu menjadi seorang orang tua yang baik bagi anaknya

Bidan tidak hanya bertanggung jawab kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan dan asuhan anak. Tentu seorang bidan tidak akan kesulitan dalam mengasuh anak. Hal itu sudah menjadi “makanan” mereka sehari-hari. Lingkungan keluarga adalah lingkungan paling awal dan paling mempengaruhi perkembangan karakter seorang anak. Seorang ibu yang memiliki bekal cukup tentang pendidikan anak akan membantu perkembangan seorang anak menjadi lebih positif. Seorang ibu yang berprofesi sebagai bidan akan memiliki kepekaan yang lebih terhadap perkambangan anaknya.

  1. Kamu akan terlihat sebagai sosok yang pintar

Sebagai salah satu orang yang sering memberikan saran kepada orang lain, kamu akan terlihat sebagai sosok yang pintar. Kamu mungkin akan sering dimintai saran oleh temanmu yang sedang menjalani kehamilan ataupun hal-hal lain berkaitan dengan hubungan berumah tangga. Apa yang kamu pelajari saat ini (sebagai seorang bidan) sebenarnya adalah hal yang sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitarmu dan sangat berkaitan dengan keseharian mereka, terutama bagi yang telah berkeluarga. Kamu akan menjadi teman curhat yang baik bagi teman-temanmu.

  1. Dan karena alasan-alasan itulah kamu bakal jadi sosok yang istriable di mata lelaki

Ya, apabila kamu laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup, dan telah membaca baik-baik enam alasan diatas, mungkin kamu akan mulai berpikir untuk mendekati seorang bidan. Kriteria-kriteria seorang istri idaman beberapa ada di diri seorang bidan. Bagaimana, semakin bangga menjadi bidan??