Prolog layanan Kebidanan serta sentandar pelayanannya

Layanan KebidananProlog layanan Kebidanan serta sentandar pelayanannya
Avataradmin Staff asked 2 tahun ago

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dan menjalankan seluruh kehidupannya sebagai individu dalam kelompok sosial, komunitas, organisasi, maupun masyarakat yang dalam kehidupan sehari – hari tidak lepas dari kegiatan interaksi, membangun relasi, dan transaksi sosial dengan orang lain. Manusia tidak dapat menghindari komunikasi antar personal, komunikasi dalam kelompok, komunikasi dalam organisasi dan publik, komunikasi massa.
Oleh karena itu, komunikasi sangat diperlukan dalam asuhan kebidanan guna memberikan pelayanan kebidanan yang bermutu. Sehingga dapat menimbulkan interaksi antarpribadi yaitu antara bidan dengan klien juga keluarga klien untuk penyampaian informasi yang diperlukan dengan jelas. Dan pada akhirnya, kegiatan komunikasi selalu mendasari suatu kegiatan termasuk pelayanan kebidanan. Selain dengan komunikasi, bidan dituntut untuk mengetahui pengaruh berbagai fase kehidupan ini pada cara seseorang memandang masalah dan kesulitannya.

Standar Pelayanan Kebidanan (SPK) adalah rumusan tentang penampilan atau nilai diinginkan yang mampu dicapai, berkaitan dengan parameter yang telah ditetapkan yaitu standar pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawab profesi bidan dalam sistem pelayanan yang bertujuan untuk meningkatan kesehatan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan kesehatan keluarga dan masyarakat (Depkes RI, 2001: 53).
Standar Pelayanan Kebidanan meliputi 24 standar , yang dikelompokan menjadi 5 bagian besar – yaitu :
1. Standar Pelayanan Umum
Standar 1: Persiapan untuk kehidupan keluarga
Standar 2: Pencatatan dan pelaporan

2. Standar Pelayanan Antenatal
Standar 3: Identifikasi ibu hamil
Standar 4: Pemeriksaan dan pemantauan
Standar 5: Palpasi abdominal
Standar 6: Pengelolaan anemia pada ibu hamil
Standar 7: Pengelolaan dini hipertensi pada kehamilan
Standar 8: Persiapan persalinan

3. Standar Pelayanan Persalinan
Standar 9: Asuhan persalinan kala I
Standar 10: Persalinan kala II yang aman
Standar 11: Penatalaksanaan Aktif persalinan kala III
Standar 12: Penanganan kala II dengan gawat janin melalui episiotomi

4. Standar Pelayanan Nifas
Standar 13: Perawatan bayi baru lahir
Standar 14: Penanganan pada 2 jam pertama setelah persalinan
Standar 15: Pelayanan bagi ibu dan bayi pad masa nifas

5. Standar Pelayanan Kegawatdaruratan Obstetri-Neonatal
Standar 16: Penanganan perdarahan dalam kehamilan pada trimester III
Standar 17: Penanganan kegawatan pada eklampsia
Standar 18: Penanganan kegawatan pada partus lama/ macet
Standar 19: Persalinan dengan menggunakan vacum ekstraktor
Standar 20: Penanganan retensio plasenta
Standar 21: Perdarahan perdarahan postpartum primer
Standar 22: Penanganan perdarahan postpartum sekunder
Standar 23: Penanganan sepsis puerperalis
Standar 24: Penanganan asfiksia neonatorum

Manfaat Standar Pelayanan Kebidanan
Standar pelayanan kebidanan mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut:
1. Standar pelayanan berguna dalam penerapan norma tingkat kinerja yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
2. Melindungi masyarakat.
3. Sebagai pelaksanaan, pemeliharaan, dan penelitian kualitas pelayanan.
4. Untuk menentukan kompetisi yang diperlukan bidan dalam menjalankan praktek sehari-hari.
5. Sebagai dasar untuk menilai pelayanan, menyusun rencana pelatihan dan pengembangan pendidikan (Depkes RI, 2001:2).